Server & Datacenter

Spesifikasi Server dan Lokasi Data Center

Server adalah hal penting dalam dunia Hosting. Kami menggunakan teknologi terkini dan tercanggih, demi memenuhi kebutuhan stabilitas dan kecepatan akses pada website Anda.


Selain Server tentunya hal yang tidak kalah pentingnya adalah lokasi Data Center, dimana server yang berisi data website anda selalu mendapatkan pasokan sumberdaya listrik dan akses ke jaringan internet. Jaringan internet (backbone) yang kami gunakan seluruhnya merupakan penyedia akses internet Tier-1 dunia.


Sebagai jantung dari setiap bisnis, terputusnya koneksi ke jaringan internet atau hilangnya data tidak hanya berdampak terhadap biaya dan kelangsungan bisnis namun juga hilangnya pendapatan. Pentingnya menjaga stabilitas koneksi serta melindungi data telah menjadi suatu kewajiban kami. Hal ini yang terkadang tidak diperhitungkan oleh kebanyakan orang. Mereka memilih harga yang murah tetapi tanpa mengetahui dimana data-data website mereka tersimpan. Sebagai akibatnya website sering tidak dapat diakses atau dapat diakses tetapi sangat lambat.








Spesifikasi Server

Spesifikasi server yang kami gunakan saat ini adalah Intel Dual Xeon, DDR3 ECC Memory. Tetapi tidak menutup kemungkinan kami akan melakukan upgrade ke teknologi terbaru apabila dirasakan sudah tidak mencukupi kebutuhan. Dan hal yang perlu diketahui bahwa kami hanya menggunakan server produk Supermicro® didukung dengan LiteSpeed Web Server pada semua server untuk menjamin kehandalan dan kecepatan kinerja server serta kualitas layanan hosting, dan tidak menggunakan Server/PC Rakitan. Supermicro® adalah produsen server terbaik dengan teknologi terkini. Kami percaya bahwa perangkat keras (hardware) yang terbaik adalah salah satu penentu kehandalan layanan hosting kami.

Kami menggunakan standar keamanan tertinggi, semua koneksi baik pada saat Anda bertransaksi di website deSolution maupun pada seluruh server WHM/Cpanel deSolution yang akan anda gunakan semuanya diamankan melalui enkripsi SSL (Secure Sockets Layer) atau protokol HTTPS.

Selain hardware terbaik kami juga menggunakan LiteSpeed Web Server. Mengapa penyedia hosting lain lebih banyak menggunakan Apache Web Server dibanding LiteSpeed Web Server? Jawabannya karena Apache Webserver GRATIS, sedangkan LiteSpeed menggunakan license berbayar dan tidak-lah murah.

Keunggulan LiteSpeed Web Server yaitu [*]:

  • Mempunyai waktu loading 6x lebih cepat bila dibandingkan dengan Apache webserver.
  • Proses PHP / Perl / CGI 50% lebih cepat.
  • Penggunaan memory lebih efisien.
  • Support .htaccess sehingga string cache akan otomatis ter-create dengan sempurna.
  • Compatible dengan mod_security dan mod_rewite.
  • Meminimalisir Overload Server (Server Load rendah).
  • Mampu menahan serangan DDOS Attack.

[*] Sumber: litespeedtech.com (LiteSpeed Website)


sm

app app app




Server USA

Datacenter
427 S. LaSalle Data Center - Chicago, Illinois. 
Backbone :
(100 Mbps ports setiap server, dengan network genius totaling 80 Gbps dari the top-ranked Tier-1 providers.)
Level(3)
NTT Communications
TeliaSonera
Tinet S.p.A. (GTT)


Spesifikasi Server
Server Name : US1.DESOLUTION.NET
Server IP : 173.199.131.228
Hardware : Supermicro®
Processor : Dual Quad Core Intel Xeon E5506 2.13 Ghz
Server Memory : DDR3 ECC Registered memory
Drives : RAID-10 /w SSD(Solid State Disk) Accelerated
 
CentOS Linux
CPanel + Fantastico + Softaculous
LiteSpeed Web Server
 




Server INDONESIA

Datacenter
Gedung Cyber - Jakarta. 
Backbone International :
(International Bandwidth up to 4 Mbps (Shared))
 
Backbone Indonesia :
(Unmetered IIX & OpenIXP Bandwidth up to 1 Gbps)
Indonesia Internet eXchange (IIX)
National Inter Connection Exchange (NICE)


Spesifikasi Server
Server Name : ID1.DESOLUTION.NET
Server IP : 103.29.215.248
Hardware : Supermicro® - SuperServer
Processor : Dual Quad Core Intel Xeon E5506 2.13 Ghz
Server Memory : DDR3 ECC Registered memory
Drives : RAID-10
 
CentOS Linux
CPanel + Softaculous
LiteSpeed Web Server
 


DNS nameservers

Saat ini deSolution memiliki 3 buah nameserver yang tersebar pada beberapa data center yang berbeda lokasi di Amerika Serikat dan Indonesia. Hal ini untuk memastikan agar downtime menjadi 0% saat service DNS down (padam) pada server, maka DNS domain akan dilayani oleh server lain. Selain itu dengan metode ini juga akan mempercepat proses kerja dari DNS resolver.

Name Server IPv4 IPv6 Location
NS1.DESOLUTION.NET 173.199.131.231 - Chicago, Illinois. us
NS2.DESOLUTION.NET 103.29.215.251 - Jakarta, Indonesia. id
NS3.DESOLUTION.NET 136.0.16.169 [2607:f358:1a:1 :0:0:8b9e:35fa] San Jose, California. (DNS only) us




Lokasi Data Center

DATA CENTER USA

  • 183,000 Square Feet
  • SSAE 16 Type II Certified Datacenter
  • Three diverse underground utility feeds from ComEd’s high-reliability downtown electric grid
  • Two 6 MegaWatt, 3 phase power feeds from multiple power sub-stations
  • 2N and N+1 UPS Battery Power
  • 2N and N+1 Diesel Generator Backup Power
  • 36 Hours On-Site Fuel Storage (with 10,000 gallon Diesel supply tank)
  • 1800 Ton N+1 Chilling Plant
  • Minimum N+1 redundancy on chillers, CRAHs and chilled water pumps
  • VESDA Dual-interlock, dry-pipe pre-action fire suppression system
  • Automatic logic monitoring of all critical equipment
  • 24x7 Security Staffing and CCTV Surveillance
  • Biometric Scanners for Datacenter Access
  • Mantraps and Optical Turnstiles at entrance
  • Portfolio performance of six 9s uptime (99.9999%)
  • Regulatory compliance requirements including HIPAA, FISMA, PCI DSS


  • Lokasi data center merupakan hal yang sangat vital, dimana server akan diletakan untuk selalu terjamin mendapatkan sumberdaya listrik dan koneksi ke internet. Untuk server luar negeri deSolution ditempatkan di gedung datacenter swasta yang dioperasikan oleh perusahaan rekanan kami di 427 LaSalle data center facility terletak berdekatan dengan Chicago Board of Trade di pusat kota Chicago.

    Bangunan ini merupakan salah satu data center terkemuka Chicago dan dirancang untuk memenuhi persyaratan keamanan, interkoneksi dan sumberdaya listrik dan merupakan tempat lembaga-lembaga keuangan terkemuka di dunia. Data center ini berada di jantung jalur komunikasi Chicago dibangun sejak 1919 oleh Western Union dan kemudian direnovasi pada tahun 1999 dan 2007. Merupakan salah satu tempat paling terhubung untuk colocation server di Chicago, banyak ISP dan operator telekomunikasi juga menawarkan akses mudah ke tempat ini.

    Chicago adalah salah satu kota paling terhubung di dunia, dan lokasi pusat itu membuat lokasi optimal untuk melayani konten Internet. Sebagian besar jaringan fiber optik yang menghubungkan pantai timur dan pantai barat Amerika Serikat melalui Chicago dan hal ini menghasilkan latency rendah untuk Amerika dan juga ke Eropa dan wilayah Asia-Pasifik.

    Chicago juga baru-baru ini mendapat peringkat salah satu kota teraman di Amerika Serikat dengan resiko yang sangat rendah untuk bencana alam, jauh di depan kota-kota lain seperti Texas, California, Florida dan Pantai Timur yang kesemuanya memiliki risiko yang lebih besar untuk bencana angin topan, tornado, gempa bumi dan banjir.

    DATA CENTER INDONESIA

    Untuk server dalam negeri deSolution diletakan di Gedung Cyber. Cyber building merupakan tempat yang paling diminati sebagai data center di Indonesia karena tempat ini merupakan pusat local peering untuk local lnternet exchange seperti (IIX, OpenIXP), ISP, NAP, Games Center, dll.





    Penyedia Bandwidth

    DATA CENTER USA

    Level(3) Baru-baru ini dinobatkan sebagai penyedia IP transit nomor #1 di dunia oleh Renesys Corp, sebuah perusahaan riset independen. Level(3) salah satu operator jaringan telekomunikasi Tier 1 terbesar di dunia, terbaru dan paling maju. Jaringan Level(3) menghubungkan 23.000 mil jalur antarkota dan melayani 10 perusahaan telepon terbesar dunia, 10 penyedia layanan internet terbesar, dan 6 penyedia kabel terbesar. Level(3) saat ini menduduki peringkat #1 AS di dunia oleh CAIDA.


    NTT Communications mengoperasikan IP backbone Tier 1 kualitas tinggi dengan koneksi langsung ke ISP besar di Asia, AS, Eropa dan Oceania. Jaringan NTT saat ini menyuplai industri internet terbesar antara Jepang dan AS dengan 300Gbps lebih dedicated bandwidth dan 258Gbps ke wilayah Asia-Pasifik untuk memberikan pengguna akhir dengan koneksi Internet yang lebih cepat secara global. Jaringan NTT saat ini total mengoperasikan dengan lebih dari 4.3Tbps kapasitas backbone, dan lebih dari 705Gbps kapasitas peering. NTT saat ini dinobatkan menduduki peringkat #5 sebagai penyedia backbone dunia oleh Renesys Corp, sebuah perusahaan riset independen.


    TeliaSonera International Carrier menyediakan akses telekomunikasi dan layanan jaringan yang membantu pelanggan berkomunikasi dengan cara yang mudah, efisien dan ramah lingkungan. Kekuatan internasional dikombinasikan dengan keunggulan lokal adalah apa yang membuat mereka benar-benar unik dan menyediakan pengalaman kelas dunia kepada pelanggan, mulai dari negara-negara Nordik hingga ke Nepal. TeliaSonera baru-baru ini menyandang peringkat penyedia bandwith ke-3 di seluruh dunia.


    The Tiscali International Network (Tinet) didirikan pada tahun 1998 mereka menyediakan konektivitas Internet untuk Tiscali group yang berbasis di Italia. Tinet berkembang menjadi penyedia layanan internet pada tahun 2002, dan dinilai sebagai salah satu penyedia layanan sepuluh teratas pada market intelligence di tahun 2010. Pada April 2013 GTT mengakuisisi jaringan IP Tinet dari Inteliquent.
    GTT adalah operator jaringan global yang memberikan layanan data kepada perusahaan besar, pemerintah dan pelanggan operator di lebih dari 80 negara di seluruh dunia. GTT menyediakan pelanggan dengan solusi konektivitas inovatif dengan memanfaatkan aset jaringan sendiri - menghubungkan lebih dari 100 POP di seluruh Amerika Utara, Eropa dan Asia - dan memperluas mereka melalui  800 mitra di seluruh dunia.

      

    Hardware

    Jaringan pada data center rekanan kami hanya menggunakan produk terpercaya untuk router dan switching, kami menggunakan Cisco Systems dan Juniper Networks. Kami menggunakan Juniper M-series pada border routing layer dan Juniper EX4200 dan Cisco 3750 pada core switching and aggregation layer. Konfigurasi ini sepenuhnya menyatu dengan jaringan fiber optik internal dan eksternal untuk kehandalan yang maksimum dan tidak hanya meningkatkan kehandalan tetapi untuk mengurangi risiko congestion dan memberikan throughput maksimum.



    DATA CENTER INDONESIA

    Indonesia Internet Exchange (IIX) adalah titik interkoneksi nasional untuk Internet Service Provider (ISP) di Indonesia. Diluncurkan pada Agustus 1997, IIX dioperasikan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

    OpenIXP adalah sebuah proyek kolaborasi. Tujuan umumnya adalah menyimpan semua lalu lintas internet intra-Indonesia agar tetap berada di Indonesia. OpenIXP menciptakan landasan komprehensif untuk Infrastruktur Internet nasional di mana semua ISP berkolaborasi untuk kebaikan bersama.